Apakah Umat Kristen Benar-benar Mengikuti Ajaran Yesus Kristus?

  wawanse      

KOMPASnia-Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelum nyayang berjudul “Dimana Posisi Yesus dalam Kekristenan?”Ketika aku mengunjungi gereja Kristen dari berbagai sekte,akumelihat ke segala tempat dan berpikir, dimana darisemuainiaku menemukan ajaran Yesus Kristus?

Dimana aku dapat menemukan penampilan, tata krama,danajarannya? Coba pejamkan matamu dan bayangkan bagaimana wajahnya Yesus.Dan gambar itu adalah hasil dari lukisan, patung-patung, gambar kaca gereja,dandari lukisan dinding yang pernah kau amati. Tapi secara garis besar aku menjamin dimana pun kau melihatnya, Yesus Kristus memiliki sesuatu yang hampir tidak dimiliki oleh umat Kristen.

Dan jika kau jujur dengan gambar yang kau lihat dalam pikiranmu, hal yang kau lihat adalah jenggot. Sangat sedikit orang Kristen yang berjenggot.Sekarang, pejamkan matamu dan bayangkan ibunda Yesus,yaituMaria. Dan bayangkan bagaimana wajah Mariadan pikirkanlah “seperti apa rambutnya?”Kita tidak tahu karenahampir setiap lukisan dan patung menunjukkan bahwa rambut Maria ditutupi dengan penutup kepala.Dan jika kita melakukan zoom out, kita tidak lagi melihat wajahnya, kita melihatdirinya secara keseluruhan, pernahkah kita melihat Yesus Kristus mengenakan celana pendek atau baju ketat? Pernahkah Maria mengenakan rok mini? Tidak. Kedua orang ini mengenakan pakaian yang sopan.

Kedua orang ini berpakaian dari pergelangan tangan hinggakepergelangan kaki dalam pakaian yang longgar dan tidak terbuka.Dan kitabarumembicarakan tentang penampilan.Dan yang lebih penting adalah perilakunya. Yesus fokus pada keselamatan akhirat, dia bukanlah orang yang mengejar kesenangan duniawi.

Bukansifat yang sering ditunjukkan orang-orangzaman sekarang. Jika ada seorang yangreligius bergabung dengan sekelompok orang yang membicarakan kesenangan duniawi sepertimobil, acara TV tadi malam, atau tentang artis tertentu, jika orang-orang yang religiusbergabung dalam percakapan macam ini dan mencoba untuk mengubahnya menjadi percakapan agama, makaorang-orang seperti ini akan dijauhkan oleh teman-teman mereka dan dikucilkan oleh masyarakat, karena membicarakan agama ataubukan hal yang populer pada zaman sekarang.

Jika kau memikirkan kembali hal-hal yang baru saja kukatakan, tanyakan dirimu sendiri, dimana kau melihat hal-hal ini paling sering dipraktekkan? Di dalam kelakuan umat Kristen atau dalam kelakuan umat muslim? Siapa yang cenderung memanjangkan jenggot? Di agama mana wanita nya berpenampilan tertutup dan sopan? Di dalam agama mana para pengkhotbah berbicara tentang keselamatan akhirat dan menjauh dari pembicaraan yang tidak penting? Di agama mana yang saling mengucapkan salam damai satu sama lain? Yesus Kristus mengajarkan muridnya untuk menyapa dengan salam damai menurut Lukas 10:5. Empat kali dalam BibleYesus Kristus menyapa dengan kalimat “Semoga damai menyertaimu” atau dengan kedamaian.

Jadi dimana kita menemukan suatu pengikut ajaran agama saling bertegur sapa dengan salam damai?Kita melihatnya dalam budaya umat muslimyang saling menyapa dengan Assalammu ‘alaikumdan dijawab dengan Wa‘alaikum salamyang berarti“semoga kedamaian menyertaimu” dan “semoga kedamaian menyertaimu juga.”Sebenarnya mengucapkan salam damai adalah salah satutata krama dalam Kekristenan.

Dan tata krama ini lebih dipraktekkan umat Muslim.Sekarang kita akan membicarakan tentang praktek-praktek keagamaan. Pertama-tama, Yesus Kristus disunat. Ini merupakan bagian dari keimanan agama Abrahamic. Tetapi Paulus menentangnya. Sebagai hasilnya, kita lihat banyak umat Kristen pada masa ini,lebih mengikuti ajaran Paulus daripada mengikuti perbuatan dan ajaran Yesus Kristus. Di sisi lain, tradisi sunat dipertahankan oleh umat Islam sampai sekarang.Begitu juga, Yesus Kristus dikenal sebagai Rabbi Yesus, dia seorang Yahudi Orthodox, dia hidup sesuai dengan hukum Musa. Dia tidak makan babi, siapa lagi yang mengikuti perbuatan itu jika bukan umat Islam?

Umat Kristen zaman sekarang tidak lagi mengharamkan daging babi.Yesus Kristus tidak mengambil bunga (riba), mengambil bunga (riba) itu dilarang, dan setiap orang tahu kisah tentang Yesus Kristus yang hampir membalikkan meja seorangmoney changer didalam kuil.Bunga (riba) adalah salah satu dosa paling besar pada zaman Yesus Kristus, tapi pada zaman sekarang umat Kristen mempraktekkan bunga bankdalam sistem keuangan mereka. Sedangkan disisi lain, umat Muslim mendirikan Bank Syariah,dan bunga bank tidak ada di dalam sistem keuangan umat muslim.

Mari kita lihat contoh yang lain, seks diluar pernikahan. Yesus Kristus adalah orang yang sederhana. Dia tidak pernah melakukan hubungan seks di luar pernikahan dengan wanita, kemungkinan ada seks di luar pernikahan yang dilakukan sebatas ketika memberikan persembahan atau penyembuhan.Tapi jika dibandingkan dengan apa yang kita lihatd alam masyarakat Kristen zaman sekarang, seks pranikah begitu marak. Sekali lagi,dalam masyarakat Muslim kau tidak menemukan hal ini.

Kau lihat bahwa umat muslim lebih mencontoh perbuatan Yesus Kristus.Dengan setiap bagian yang kubahas disini, aku masuk jauh lebih mendalam kepada masalah yang lebih penting. Kita memulainya dengan penampilan, kemudian tata krama, praktek religius, dan sekarang mari kita bahas tentang praktek ibadah.Yesus Kristus adalah seorang Yahudi Orthodox, sesuai dengan ajaran pada zamannya, dia menyuruh bersuci sebagai bagian dari ibadah. Bacalah Keluaran 40:31-32 dimana Musa bersuci.

Ini adalah ajaran yang benar pada masanya. Sebuah ajaran yang tidak dipertahankan umat Kristen, tapi dipertahankan umat Islam.Yesus Kristus sembahyang dengan bersujud, bacalah keseluruhan Bible, dan bacalah ayat manapun yang menjelaskan tata cara Yesus Kristus sembahyang. Ketika Yesus Kristus pergike Taman Getsamani, dia bersujud ketika sembahyang.

Sujud yang dilakukan Yesus Kristus sama dengan yang dilakukan oleh para nabi dan para pemimpin suatu kaum dalam Perjanjian Lama.Yesus Kristus berpuasa lebih dari sebulan lamanya pada masa itu, dia mencontoh perbuatan orang-orang saleh sebelumnya. Dan dia juga berziarah untuk tujuan ibadah. Ziarah pada masanya adalah dengan pergi ke Yerusalem.Jadi Yesus Kristusmembersihkan dirisebelum beribadah, berpuasa, dan melakukan ziarah.

Sekali lagi dimana perbuatan ini ditiru diantara para pengikutnya, olehumat Kristen atau umat Muslim? Siapa yang bersuci sebelum sembahyang,siapa yang bersujud, siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan, dan berziarah ke Mekkah sebagai bagian dari ibadah? Sekarang kita lanjut kemasalah iman. Yesus Kristus mengajarkan tentang tauhid yang berarti keesaan Tuhan.

Sebanyak 3 kali di dalam Perjanjian Baru dia ditanya tentang perintah Tuhan yang paling utama dan dia menjawab “Ketahuilah wahai Bani Israel bahwa Tuhanmu adalah satu.” Kita menemukan ajaran ini dalam Matius, Markus, Lukas,danajaran ini diambil langsung dari perintah Tuhan yang pertama. Dan sekali lagi, dimana kita melihat keesaan Tuhan, lebih diaplikasikan sebagai iman agama, diantara umat Kristen atau umat Muslim?

Umat Muslim percaya bahwa Tuhan itu satu tanpa sekutu dan tanpa bagian-bagian.Begitu juga dalam beberapa ayat Yesus Kristus menyebut dirinya sebagai manusia dan seorang rasul. 88 kali dia menyebut dirinya sebagai anak manusia, tidak pernah sekalipun dia menyebut dirinya sebagai anak Tuhan secara harfiah.Sekali lagi, dalam agama mana yang menghargai Yesus Kristus sebagai seorang manusia dan seorang rasul Tuhan, jika tidak dalam agama Islam?

Dari semua yang telah kubahas, maka timbul satu pertanyaan. Siapa yang mengikuti ajaran, tata krama, penampilan, dan iman yang diajarkan Yesus Kristus? Umat Kristen yang mengaku mengikuti ajaran Yesus Kristus atau umat Muslim yang juga mengaku mengikuti ajaran semua nabi termasuk Yesus Kristus?

Bacaan Berikutnya :
http://www.lampuislam.blogspot.in/2012/12/apakah-umat-kristen-benar-benar.html



Terima Kasih Sudah Membaca √ Apakah Umat Kristen Benar-benar Mengikuti Ajaran Yesus Kristus?

logoblog
Previous
« Prev Post

4 comments:

  1. Sekilas Info Qs 13:5, Qs 40:73-75, Qs 9:68, Qs 5:9(5:8), Qs29:46, Qs10:27, Qs2:62, Qs23:101-103, Matius 13:49-50, Matius 12:36

    ReplyDelete
  2. sekilas Info Qs 40:73 kemudian dikatakan kepada mereka: "Manakah berhala-berhala yang selalu kamu persekutukan, 74 (yang kamu sembah) selain Allah?" Mereka menjawab: "Mereka telah hilang lenyap dari kami, bahkan kami dahulu tiada pernah menyembah sesuatu". Seperti demikianlah Allah menyesatkan orang-orang kafir. 75 Yang demikian itu disebabkan karena kamu bersuka ria di muka bumi dengan tidak benar dan karena kamu selalu bersuka ria (dalam kemaksiatan). 76 (Dikatakan kepada mereka): "Masuklah kamu ke pintu-pintu neraka Jahannam, sedang kamu kekal di dalamnya. Maka itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang sombong".

    Qs 13:5 Dan jika (ada sesuatu) yang kamu herankan, maka yang patut mengherankan adalah ucapan mereka: "Apabila kami telah menjadi tanah, apakah kami sesungguhnya akan (dikembalikan) menjadi makhluk yang baru?" Orang-orang itulah yang kafir kepada Tuhannya; dan orang-orang itulah (yang dilekatkan) belenggu di lehernya; mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.

    Qs 9:68 Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka, dan Allah melaknati mereka, dan bagi mereka azab yang kekal.

    Qs 5:9 (5:8) Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

    Qs 5:3 (5:2) Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi’ar-syi’ar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang-binatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari kurnia dan keridhaan dari Tuhannya dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlah berburu. Dan janganlah sekali-kali kebencian( mu) kepada sesuatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat aniaya (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.

    Qs 10:27 Dan orang-orang yang mengerjakan kejahatan (mendapat) balasan yang setimpal dan mereka ditutupi kehinaan. Tidak ada bagi mereka seorang pelindungpun dari (azab) Allah, seakan-akan muka mereka ditutupi dengan kepingan-kepingan malam yang gelap gelita. Mereka itulah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.

    Qs 2:62 Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

    Qs 23:101 Apabila sangkakala ditiup maka tidaklah ada lagi pertalian nasab di antara mereka pada hari itu, dan tidak ada pula mereka saling bertanya. 102 Barangsiapa yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka mereka itulah orang-orang yang dapat keberuntungan. 103 Dan barangsiapa yang ringan timbangannya, maka mereka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, mereka kekal di dalam neraka Jahannam.

    Mat 13:49 Demikianlah juga pada akhir zaman: Malaikat-malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar,13:5 0lalu mencampakkan orang jahat ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.

    Mat 12:36 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.

    ReplyDelete
  3. Sekilas info Saat kapanpun KeilahianYesusKristus juga RohKudus bisa disebut Allah, (hanya jika berdasarkan KualitasKeilahian)

    Demikian juga saat kapanpun Yesus juga RohKudus bisa disebut Utusan, (hanya jika berdasarkan “selain” dalam hal KualitasKeilahian.

    14:13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
    14:14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."
    +++
    16:26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa,
    16:27 sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah.
    ( Sebutan Tuhan sebenarnya tidak ditujukan pada Manusia Yesus, tapi pada KualitasAllah yang terkandung dalam KeilahianYesus )
    ---
    5:3 Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?
    5:4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah."
    +++
    13:2 Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: "Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka."
    ===

    Qs 11:37 Dan buatlah bahtera itu dengan pengawasan dan petunjuk wahyu Kami, dan janganlah kamu bicarakan dengan Aku tentang orang-orang yang zalim itu; sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan.
    Qs 21:29 Dan barangsiapa di antara mereka, mengatakan: "Sesungguhnya Aku adalah tuhan selain daripada Allah," maka orang itu Kami beri balasan dengan Jahannam, demikian Kami memberikan pembalasan kepada orang-orang zalim
    Qs 29:8 Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.
    Qs 70:40 Maka Aku bersumpah dengan Tuhan Yang memiliki timur dan barat, sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa.
    ---
    3:22 Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya."

    ReplyDelete
  4. Pasang Taruhanmu Malam Ini Hanya Di www(dot)updatebetting(dot)co
    Untuk Info Cara Daftar Silahkan Hubungi CS Kami Di Bawah Ini :
    BBM 7ACD8560, Whatsapp (+855) 979542957, Line Updatebetting

    ReplyDelete

kalo comen yang baik baik saja

Postingan Populer