Balet Ternyata Bersifat Sihir

  wawanse      
http://kompasnia.blogspot.com
KOMPASnia - Studi terbaru yang dipublikasikan di jurnalPlOS ONEmengungkap bahwa balet bersifat sihir. Balet mampu memengaruhi,menenggelamkan, dan mengajak penonton menjadi penari itu sendiri.

Sorine Jola, pakar neurosains kognitif dariUniversity of Surrey, Inggris, mengatakan bahwa penonton balet menunjukkan respons spesifik di otak yang membuat mereka merasa seolah-olah pemain baletunggulan.

"Padahal, mereka jelas tidak dapat melakukan gerakan yang sebenarnya," kata Jola yang melakukan penelitian

.Penelitian Jola berfokus pada otot yang disebutcarpi radialis ekstensoryang menghubungkan lengan atas dengan tangan. Diketahui bahwa otot ini banyak digunakan oleh pebalet.

Jola menggunakan metode yang disebuttranscranial magnetic simulationuntuk mengukur aktivitas otak. Diketahui, sifat sihir khas dimiliki oleh balet, bukan tarian lain.Jola juga meneliti efek tari Bharatanatyamdari India dengan melihat respons pada jari tangan.

Namun, ia tak menjumpai pengaruh seperti pada balet.Tak jelas sebab pengaruhnya berbeda pada balet. Namun, Jola menduga bahwa hal tersebut terkait dengan gaya tarian."Balet adalah bentuk tarian yang formal.

Tari India, walau klasik, memiliki banyak gestur, jadi Anda punya perasaan bahwa Anda bisa mengerti narasinya dengan mudah," kata Jola.


berita yang disarankan :


Terima Kasih Sudah Membaca √ Balet Ternyata Bersifat Sihir

logoblog
Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

kalo comen yang baik baik saja

Postingan Populer