5 Mitos Keliru Soal Baterai Ponsel

  wawanse      




( 07/04/2015 ) - Baterai merupakan salah satu komponen dalam ponsel yang paling sering ditanyakan tentang bagaimana cara mengisi baterai yang benar atau bagaimana cara memperpanjang umur baterai.

Meski demikian, informasi terkain baterai memang cenderung simpang siur dan kadang saling bertentangan dan menimbulkan kekeliruan. Apa saja kekeliruan terkait soal baterai ponsel?

1.Baterai memiliki “ingatan”

Beberapa diantara Anda mungkin pernah disarankan supaya secara rutin mengosongkan kapasitas baterai dan kemudian mengisinya sampai penuh agar “ingat” dengan kapasitas aslinya. Ada juga saran untuk tak mengisi baterai sebelum baterainya kosong.

Mitos ini salah karena siklus pengisian tak mempengaruhi kinerja baterai. Efek ingatan baterai alias “memory effect” memang sempat berlaku untuk jenis Ni-cad lama, namun baterai Lithium Ion sekarang tak berdampak.

2. Baterai harus diisi dengan charger bawaan

Beberapa charger dengan kualitas buruk beresiko tinggi untuk ponsel. Namun tak berarti Anda harus selalu menggunakan charger bawaan ponsel. Charger dengan jenis USB bisa dipakai untuk mengisi baterai ponsel apapun, namun kinerjanya pasti akan berbeda.

Charger yang bisa menyalurkan arus 2 ampere, mampu mengisi baterai lebih cepat daripada charger 1 ampere.

3. Baterai bakal rusak bila diisi semalaman

Menancapkan charger sebelum tidur merupakan kebiasaan lazim yang dilakukan banyak orang. Nah, apakah hal ini dapat merusak baterai? Jawabannya adalah tidak sama sekali. Ponsel sekarang sudah cukup “pintar” untuk memutus arus listik secara otomatis saat baterai terisi penuh.

4. Jangan menggunakan ponsel saat di-charge

Memakai ponsel ketika tengah tersambung ke charger tak akan berpengaruh pada baterai. Entah sedang digunakan atau tidak, baterai pada ponsel bakal terisi seperti yang seharusnya. Selain itu, ponsel kerapkali mengaktifkan secara otomatis ketika sedang di-charge, seperti untuk mengunduh update software lewat Wi-Fiatau ada sinkronisasi data.

5. Mematikan ponsel bisa merusak baterai

Baterai tidak akan rusak bila perangkat dimatikan. Memang, kapasitas dari baterai sedikit demi sedikit bakal berkurang saat perangkat dimatikan dan disimpan dalam waktu yang lama, namun hal ini normal terjadi dan tak perlu dicemaskan.

**Semoga Bermanfaat**

Terima Kasih Sudah Membaca √ 5 Mitos Keliru Soal Baterai Ponsel

logoblog
Previous
« Prev Post

1 comment:

  1. DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
    dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :) :) :* :*

    www.dewapk.com

    ReplyDelete

kalo comen yang baik baik saja

Postingan Populer