Astronom: Lubang Hitam Ini Terkadang 'Mogok Makan'

  wawanse      
http://kompasnia.blogspot.com

KOMPASnia - CALIFORNIA- Jika selama ini black hole, atau lubang hitam, dikatakan selalu menelan apa saja yang berada di dekatnya, seorang astronom NASA menyangkal hal tersebut.

Astronom bernama Daniel Wang menemukan sebuah lubang hitam dekat bintang Sagitarius yang tak memakan seluruh benda yang ada di dekatnya.Lubang hitam yang ditemukan menggunakan Observatory Chandra X-ray ini berada di jantung galaksi Bima Sakti dan tertangkap mata cenderung pasif dalam menelan benda yang ada di dekatnya.

Hal tersebut dibuktikan melalui foto bintang A Sagitarius, disebut Sgr A*, yang berada pada jarak 26 ribu tahun cahaya dari Bumi.Foto dari Sgr A* mengungkapkan bahwa lubang hitam di dekatnya menelan gas yang ada di dekatnya kurang dari 1 persen.

Bahkan, semua material yang ada didekatnya dimentalkan ke angkasa sebelum lubang hitam menelannya."Berkebalikan dengan apa yang banyak dipikirkan orang-orang, lubang hitam tak selalu melahap apa saja yang mengarah padanya.

Foto Sgr A* tampaknya mendapat kesulitanmenelan makanan yang berhasil ia temukan," kata Feng Yuan, astronom dari Shanghai Astronomical Observatory."Ini telah menjadi perdebatan selama dua puluh tahun tentang apa yang sebenarnya terjadi ketika material berada di dekat lubang hitam.

Apakah lubang hitam menelan material tersebut atau justru menolaknya. Dan ini menjadi bukti pertama dari proses penolakan material oleh lubang hitam," kata kepala penelitian Daniel Wang, sebagaimana dikutipCNet, Senin (2/9/2013).

Lubang hitam sendiri terbentuk akibat ledakan bintang (supernova) yang telah habis masa usianya. Dari ledakan itu tercipta sebuah medan magnet yang memiliki gravitasi sangatkuat dan dapat menarik apa saja di sekelilingnya. (amr)



berita yang disarankan :



Terima Kasih Sudah Membaca √ Astronom: Lubang Hitam Ini Terkadang 'Mogok Makan'

logoblog
Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

kalo comen yang baik baik saja

Postingan Populer