Astronom Berhasil Temukan Tiga Planet Mirip Bumi di Sekitar Bintang Gliese 667C

  wawanse      
Berita Lainnya:




http://kompasnia.blogspot.com
KOMPASnia - Astronom berhasil menemukan 3 planet mirip Bumi yang berada pada satu sistem tata surya. Ketiga planet tersebut menginduk sebuah bintang bernama Gliese 667C yang memiliki massa sepertiga dari massa Matahari kita.

Bintang Gliese 667C sendiri sebenarnya merupakan bagian dari sistem tiga bintang(triple star system)yang disebut Gliese 667 (GJ 667). Bintang Gliese 667C berjarak 22 tahun cahaya dari Bumi yakni di konstelasi Scorpio(The Scorpion).Pada pengamatan sebelumnya, astronom mengungkapkan bahwa bintang tersebut memiliki 3 planet (eso0930) dengan salah satu diantaranya berada pada zona layak huni.

Namun hasil pengamatan terbaru yang dilakukan oleh astronom Guillem Anglada-Escude dariUniversity of Gottingendan Mikko Tuomi dariUniversity of Hertfordshireberhasil menemukan hal baru.Dari data yang diperoleh dari instrumen HARPS,Very Large Telescope(VLT), WM Keck Observatory dan teleskop Magellan, mereka menemukan ada 7 planet yang mengorbit bintang Gliese 667C.

Jika diilustrasikan, maka salah satu planet diantaranya akan memiliki 3 matahari dengan satu matahari terang dan dua lainnya redup. 2 bintang redup itu akan nampak seperti 2 bulan jika malam hari. Uniknya 3 planet tersebut berada pada zona layak huni."Kami tahu bahwa ada 3 planet yang berada pada zona layak huni di sekitar bintang itu, dan kami ingin tahu apakah masih ada lagi," ungkap Mikko Tuomi.

3 planet yang ditemukan itu disebut sebagaiSuper Earthsebab ukurannya yang lebih besar dari Bumi dan berada pada zona layak huni. Sangat dimungkinkan air dalam wujud cair bisa berada di permukaannya.

"Jumlah planetlayak huni di galaksi kita jauh lebih banyak dapat ditemukan pada bintang dengan massa yang rendah," kata Rory Barnes dariUniversity of Washington.Sistem tata surya seperti tata surya kita banyak ditemukan di galaksi Bima Sakti, namun rata-rata tidak memungkinkan untuk ditinggali karena kondisinya yang terlalu panas. Bintang redup bermassa rendah seperti Gliese 667C sangat cocok untuk menjadi induk dari planet mirip Bumi.

Jarak antara bintang Gliese dengan planetSuper Earthnya lebih kurang seperti jarak Merkurius dengan bintangnya. Bedanya bintang Gliese 667C tidak sepanas Matahari kita. Siapa tahu dimasa yang akan datang planet-planet tersebut bisa menjadi pengganti Bumi kita yang sudah tua ini.


sumber:


berita yang disarankan :



Terima Kasih Sudah Membaca √ Astronom Berhasil Temukan Tiga Planet Mirip Bumi di Sekitar Bintang Gliese 667C

logoblog
Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

kalo comen yang baik baik saja

Postingan Populer