Wah, Ilmuwan Berhasil Hentikan Laju Cahaya Selama Semenit!

  wawanse      
http://kompasnia.blogspot.com
KOMPASnia - BERLIN– Cahaya adalah sesuatu yang bergerak paling cepat di alam semesta, namun seorang ilmuwan asal Jerman berhasil menghentikannya selama semenit.

Ilmuwan ini mengungkapkan bahwa cahaya dapat dibekukan di dalam kristal selama 60 detik.Satu menit adalah waktu yang sangat lama bagi cahaya. Dengan kecepatan 300 juta meter per detik, dalam satu menit cahaya bisa melampaui jarak sejauh 18 juta kilometer.

Dan seorang ilmuwan dari University of Darmstadt di Jerman bisa memotong laju cahaya sejauh 18 juta kilometer. Seperti dikutip Extreme Tech, Fenomena ini dinamakan Light Memory, dimana unsur yang dibawa oleh cahaya tersimpan di dalam kristal.

Hasil penelitian ini bisa menjadi arahan untuk penciptaan jaringan kuantum jangka panjang. Dan barangkali bisa juga dijadikan petunjuk untuk analisa percepatan cahaya melebihi kecepatan alam semesta.

Untuk menghentikan cahaya ini sang ilmuwan menggunakan teknik transparansi induksi elektromagnetik (EIT).

Kristal yang digunakan adalah kristal buram yang sudah didinginkan dengan suhu rendah dari silikat yttrium yang dicampur praseodymium.Sinar laser ditembakkan ke dalam kristal untuk memicu reaksi kuantum kompleks yang mengubahnya jadi transparan.

Kemudian sumber cahayakedua ditembakkan ke dalam kristal yang kini berubah transparan.Setelahnya sinar laser yang diarahkanke kristal buram dimatikan.

Hasilnya, tak hanya cahaya tersebut terperangkap dalam kristal, tapi juga tak bisa memancar lagi ke segala arahyang artinya, cahaya terhenti.Sebelumnya pada tahun 1999, seorang ilmuwan pernah memperkecil laju cahaya dari 300 juta meter per detik menjadi 17 meter per detik.

Kemudian dua tahun berikutnya penelitian berhasil menghentikan cahaya untuk beberapa detik. Pada awal tahun ini, peneliti dari Georgia Institute of Technology telah menghentikan cahaya selama 16 detik.

Dan sekarang cahaya dihentikanselama satu menit oleh ilmuwan dari University of Darmstadt.


berita yang disarankan :


Terima Kasih Sudah Membaca √ Wah, Ilmuwan Berhasil Hentikan Laju Cahaya Selama Semenit!

logoblog
Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

kalo comen yang baik baik saja

Postingan Populer