Mutiara Ramadhan # 16: Kewajiban tadabbur

  wawanse      
http://kompasnia.blogspot.com
KOMPASnia - Bulan suci Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an al-Karim. Selain disunahkan untuk banyak membaca dan mengkhatamkan Al-Qur’an, kita juga disunahkan untuk mentadabburimakna ayat-ayat Al-Qur’an yang kita baca.

Imam Jalaudin as-Suyuthi (wafat tahun 911 H) dalam kitabnya Al-Itqan fi Ulum al-Qur’an menulis: “Disunahkan membaca Al-Qur’an dengantadabbur[merenungkan kandungan maknanya] dantafahhum[berusaha memahami kandungan maknanya], karenahal itu merupakan maksud teragung dan tujuan terpenting [dari membaca Al-Qur'an], dengannya dada akan lapang dan hati akan mendapatkan cahaya.

”Allah Ta’ala berfirman:كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ
‘[Al-Qur'an adalah] sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu, penuh berkah, agar mereka mentadabburi ayat-ayatnya…” (QS. Shad [38]: 29)

Allah Ta’ala juga berfirman:أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ أَمْ عَلَى قُلُوبٍ أَقْفَالُهَا
“Maka apakah mereka tidak mentadabburi Al-Qur’an ataukah pada hati mereka terdapat gembok-gembok penghalangnya?” (QS. Muhammad [47]: 24)

Lebih lanjut imam Jalaluddin as-Suyuthi mengatakan: “Sifatdari tadabbur adalah memfokuskan hati [pikiran]nya untuk memikirkan makna ayat Al-Qur’an yang ia lafalkan [dengan lisannya], sehingga ia mengerti makna setiap ayat [yang ia baca], merenungkan perintah-perintah dan larangan-larangan Al-Qur’an, dan meyakini serta menerimanya.

Jika ia melakukan keteledoran terhadap perintah-perintah dan larangan-larangan tersebut pada waktu yang telah lalu, maka ia meminta maaf dan ampunan kepada Allah.Jika ia melewati ayat tentang rahmat, maka ia bergembira dan memohon kepada Allah.

Jika ia meliwati ayat tentang azab, maka ia merasa takut dan berlindung kepada Allah.Jika ia melewati ayat tentang pensucian Allah, maka ia mensucikan Allah dan mengagungkan-Nya.

Dan jika ia melewati ayat tentang doa, maka ia berdoa kepada Allah dan memohon kepada-Nya dengan hati yang tunduk.” (Jalaluddin as-Suyuthi, Al-Itqanfi Ulum al-Qur’an, 1/368-369)
Saudaraku seislam dan seiman…Membaca Al-Qur’an adalah ibadah yang mulia, bahkan setiap hurufnya akan dibalas dengan sepuluh kebajikan. Itu untuk di bulan-bulan biasa. Pada bulan suci Ramadhan ini,balasan amal kebajikan itu boleh jadi akan berlipat kali lebih besar lagi.

Meski demikian kita tidak boleh berhenti pada sekedar membaca Al-Qur’an. Hal itu harus dilanjutkan dengan usaha sungguh-sungguh untuk memahami kandungan makna dari ayat-ayat Al-Qur’an yang kita baca.

Itulah yang disebuttadabburAl-Qur’an. Tadabbur Al-Qur’an adalah pintu gerbang menuju pemahaman dan pengamalan Al-Qur’an.
Menafsirkan ayat ke-29 surat Shad di atas, imam Al-Qurthubi (wafat tahun 671 H) berkata:وَفِي هَذَا دَلِيلٌ عَلَى، وُجُوبِ مَعْرِفَةِمَعَانِي الْقُرْآنِ، وَدَلِيلٌ عَلَى أَنَّ التَّرْتِيلَ أَفْضَلُ مِنَ الْهَذِّ ، إِذْ لَا يَصِحُّ التَّدَبُّرُ مَعَ الْهَذِّ
“Ayat ini mengandung dalil kewajiban mengetahui makna-makna [ayat] Al-Qur’an, dan juga dalil bahwa membaca secaratartil[pelan dengan penuh penghayatan] itu lebih utama dari membaca secara sangat cepat, sebab tidak mungkin bisa bertadabburjika membaca secara sangat cepat.” (Al-Qurthubi, Al-Jami’ li-Ahkam Al-Qur’an, 15/192)

Imam Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari ulama senior tabi’in, imam Hasan al-Bashri, yang berkata:وَاللَّهِ مَا تَدَبُّره بِحِفْظِ حُرُوفِهِ وَإِضَاعَةِ حُدُودِهِ، حَتَّى إِنَّ أَحَدَهُمْلَيَقُولُ: قَرَأْتُ الْقُرْآنَ كُلَّهُ مَا يُرَى لَهُ القرآنُ فِي خُلُقٍ وَلَا عَمَلٍ
“Demi Allah, mentadabburiAl-Qur’an bukanlah dengan menghafal ayat-ayatnya namun menelantarkan hukum-hukumnya. Sampai-sampai salah seorang di antara mereka mengatakan ‘Aku telah hafal seluruh ayat Al-Qur’an’, namun sama sekalitidak nampak bekas Al-Qur’anpada akhlaknya dan amal perbuatannya.” (Ibnu katsir, Tafsir Al-Qur’an al-Azhim, 7/64)Maksud dari imam Hasan al-Bashri bukanlah meremehkan pentingnya menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an. Maksud beliau adalah menekankan pentingnya mengamalkan Al-Qur’an.

Artinya, tadabbur Al-Qur’an yang sesungguhnyatidak berhenti pada mengetahui makna ayat-ayat Al-Qur’an yang dibaca. Namun harus berupa penghayatan dan pengamalanpemahaman tersebut dalam kehidupan nyata, di mana ia bisa terlihat dengan jelas dalam bentuk akhlak dan amalperbuatan seorang pembaca dan pengkaji Al-Qur’an.

Secara halus, Allah mengisyaratkan bahwa hanya orang-orang yang hatinya tertutup oleh gembok-gembok penghalang petunjuksajalah yang tidak mau mentadabburi Al-Qur’an.
Allah Ta’ala berfirman:أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ أَمْ عَلَى قُلُوبٍ أَقْفَالُهَا
“Maka apakah mereka tidak mentadabburi Al-Qur’anataukahpada hati mereka terdapat gembok-gembok penghalangnya?” (QS. Muhammad [47]: 24)
Imam Muhammad Thahir bin ‘Asyur at-Tunisi (wafat tahun 1393 H) menulis:وَحَرْفُ أَمْ لِلْإِضْرَابِ الِانْتِقَالِيِّ. وَالْمَعْنَى: بَلْ عَلَى قُلُوبِهِمْ أَقْفَالٌ وَهَذَا الَّذِي سَلَكَهُ جُمْهُورُ الْمُفَسِّرِينَ
“Hurufam[ataukah] dalam ayat tersebut berfungsi sebagai bentuk kebalikan pepindahan. Maknanya adalah[mereka tidak mentadaburi Al-Qur'an] justru [karena] pada hati mereka terdpat gembok-gembok penghalangnya. Inilah penafsiran yang ditempuh oleh mayoritas ulama tafsir.” (Muhammad Thahir at-Tunisi, At-Tahrir wa at-Tanwir fit Tafsir, 26/113)Semoga kita dikaruniai kesungguhan dan keistiqamahan untuk senantiasa membaca, mentadaburi, memahami dan mengamalkan Al-qur’an.

Tidak di bulan suci Ramadhan saja, namun juga dalam seluruh bulan lainnya.Wallahu a’lam bish-shawab.


berita yang disarankan :


Terima Kasih Sudah Membaca √ Mutiara Ramadhan # 16: Kewajiban tadabbur

logoblog
Previous
« Prev Post

2 comments:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c

    ReplyDelete
  2. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c

    ReplyDelete

kalo comen yang baik baik saja

Postingan Populer