5 Tempat Terburuk untuk Dihuni Makhluk Hidup

  wawanse      
http://kompasnia.blogspot.com
CALIFORNIA - Ilmuwan NASA meneliti apakah ada bentuk kehidupan asing diluar angkasa.Melalui berbagai penelitian dan bantuan robot, ilmuwan dari badan antariksa AmerikaSerikat itu juga mempelajari kondisi atmosfer dan material tanah di planet tetangga, seperti Mars misalnya.

Melalui bantuan teleskop luar angkasa, ilmuwan telah menemukan sejumlah planet di luar sistem tata surya, yang disebut exoplanet. Selain itu, ilmuwan juga mencari kandidat planet lain di 'zona layak huni' atau bulan yang berpotensi layak huni.

DilansirPopsci, Rabu (24/7/2013), berikut terungkap berbagai planet di luar angkasa, yang kurang mendukung untuk dapat dihuni makhluk hidup.

Planet ini dinilai memiliki suhu yang tidak bersahabat untuk mendukung proses munculnya kehidupan.

1. Venus
Venus merupakan planet terdekat dengan Bumi. Planet ini diketahui memiliki banyak gunung api ketimbang planet lain yang ada di sistem tata surya. Temperatur terpanas planet ini mencapai 730 Kelvin.

2. COROT-7b
COROT-7b merupakan exoplanet yangberada di jarak 489 tahun cahaya dari Bumi. Planet asing ini memiliki ukuran 1,5 kali lipat lebih besar dari Bumi. Kabarnya, planet ini bisa mencapai titik terpanas yakni 2.800 Kelvin (4.580derajat Fahrenheit).Planet ini memilikigunung api, lava dan batu.

3. TrES-2b
TrES-2b merupakan planet asing yang berada di jarak 750 tahun cahaya dariBumi. Dijuluki 'planet setan', planet di luar sistem tata surya ini merupakan planet yang paling gelap. Ilmuwan mengestimasi bahwa temperatur planet ini mencapai 1.255 Kelvin.

4. WASP-12b
WASP-12b, merupakan exoplanet yang berada di jarak 1.100 tahun cahaya dari Bumi. Perlahan namun pasti, konon planet asing ini ditarik oleh bintang induknya. Planet ini sangat dekat dengan bintang induknya, sehingga menjadikannya planet super-panas di antara exoplanet lainnya. Ilmuwan planet James Lissauer menduga planet seukuran Jupiter ini mungkin berisi batu yang terbuat dari grafit atau bahkan berlian.

5. Kepler-16b
Exoplanet yang satu ini kabarnya memiliki dua buah matahari. Planet seukuran Saturnus ini berada di jarak 200 tahun cahaya dari sistem tata surya. Setiap 229 hari, Kepler-16b mengorbit dua bintang. Pada titik tertentu, planet ini memiliki suhu minus 120 derajat Fahrenheit, sehingga suhu tersebut dianggap terlalu dingin untuk mendukung kehidupan.


sumber:


berita yang disarankan :


Terima Kasih Sudah Membaca √ 5 Tempat Terburuk untuk Dihuni Makhluk Hidup

logoblog
Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

kalo comen yang baik baik saja

Postingan Populer